Sebuah Ulasan : Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Tulisan ini merupakan salah satu tugas kuliah Metode Penelitian dan Telaah Pustaka pada Departemen Ilmu Komputer, IPB (Bogor Agricultural University) Program Penyelenggaraan Khusus.

Tulisan kali ini saya akan mengulas karya ilmiah (skripsi) yang berjudul Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation yang terdapat di http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2266 dari penulis Baskoro Oktianto seorang mahasiswa ilmu komputer IPB yang lulus pada tahun 2004.

Skripsi “Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation” (Speaker Recognition with backPropagation Artificial Neural Network) membahas masalah pengenalan pembicara dan membaginya menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah identifikasi pembicara, yaitu menentukan identitas dari pembicara, dan bagian kedua adalah verifikasi pembicara yaitu melakukan verifikasi identitas yang di klaim oleh pembicara. Untuk mengenali pola suara pembicara, digunakan jaringan syaraf tiruan. Hal ini karena pengenalan pembicara termasuk ke dalam masalah nonalgorithmic.

Sebelum di proses dalam Jaringan Syaraf  Tiruan (JST), data suara terlebih dahulu di proses untuk mengurangi dimensinya (dimension reduction) dengan feature selection dan feature extraction. proses feature selection menggunakan analisis cepstral sedangkan proses feature extraction menggunakan principal component analysis atau PCA.

Hasil dari JST adalah sebuah model pembuatan keputusan dalam sistem identifikasi dan sistem verifikasi yang digunakan untuk menentukan  menerima atau menolak klaim suara yang diajukan oleh pembicara. Sistem yang dibangun diklaim mampu mengidentifikasi dengan tingkat generalisasi tertinggi sebesar 92,3077% dan melakukan verifikasi dengan nilai equal error rate sebesar 6,5657 %.

2 thoughts on “Sebuah Ulasan : Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

  1. Pingback: Sebuah Ulasan : Sistem Pengenal Kata Sederhana (Si-PKS) Menggunakan Model Hidden Markov (Studi Kasus Dengan Sistem Pengolah Kata) « rommonz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s