Telaah Pustaka (IV) : Penerapan Objek Relational Mapping pada Pengembangan Enterprise Resource Planning

Kali ini saya akan mengulas skripsi dari mahasiswa ilmu komputer IPB tahun 2008 yang terdapat  di http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/17549 yaitu Dian Indah Savitri dengan judul Penerapan Objekk Relational Mapping pada Pengembangan Enterprise Resource Planning.

Pada aplikasi ERP, sistem basis data yang banyak digunakan adalah basis data relasional, sedangkan pengembangan aplikasi skala enterprise sebagian besar menerapkan konsep berorientasi objek menggunakan three-tier-architecture yang terdiri atas lapisan presentasi, aplikasi, dan basis data (Rashid et. al. 2002), sehingga ditemukan ketidak sesuaian antara basis data yang digunakan dengan dengan aplikasi yang dikembangkan. Ketidaksesuaian tersebut mencakup aspek granularity, subtypes, identitas, asosiasi, dan navigasi data (Bauer & King 2007).

Untuk mengatasi ketidaksesuaian tersebut, telah dilakukan penelitian mengenai konsep ORM (Object Relational Mapping) yang berfungsi memetakan antara class dengan tabel (Nugraha 2005). namun penelitian yang dilakukan oleh nugraha (2005) hanya pada aspek pemetaan dan tidak di implemaentasikan. sedangkan pada penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini mengimplementasikan konsep ORM untuk menghilangkan ketidaksesuaian tersebut serta penerapan konsep design pattern yang  berfungsi dalam proses penyatuan dengan lapisan aplikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s